September 3, 2008

[PMRPL] Filosofi dlm Rekayasa Perangkat Lunak

Ada satu filosofi yang menarik disampaikan oleh Dosen gue Pak Eko K. Budiardjo bahwa dalam dunia rekayasa perangkat lunak dikenal idiom "tidak ada waktu yang cukup untuk membuat software yang sempurna, tapi cukup banyak waktu untuk menyempurnakan software yang dibuat". Seperti Microsoft yang memulai dari DOS, Windows 3.1, Windows 98, ... sampai dalam bentuknya yang sekarang Vista semuanya dilakukan dalam suatu proses yang panjang mengikuti filosofi tersebut.

Kita biasanya kalau membuat software/aplikasi kebanyakan langsung berpikir yang terlalu jauh ... inginnya langsung membuat software/aplikasi yang complicated dan canggih tapi terkadang lupa kenapa software/aplikasi itu dibuat yang tentunya harus diselaraskan dengan user requirement-nya. Kebetulan saat ini gue sedang menangani satu diklat yang berkaitan dengan TIK, ada satu project yang akan digarap oleh peserta diklat berdasarkan hasil kertas kerja yang mereka telah tulis dan cukup mendapat apresiasi dari pimpinan. Idenya adalah mengimplementasikan salah satu dari hasil kertas kerja yang bertemakan pemetaan informasi dari suatu negara.

Kelompok penggagas berpikir secara sederhana dengan menampilkan peta dunia yang dibuat dengan flash didukung dengan database sederhana yang berisikan informasi mengenai negara-negara. Dalam diskusi yang gue adakan, timbul perdebatan yang cukup sengit .. he.. he.. kalau boleh dibilang cukup panas ... yang intinya ada anggota kelas menginginkan bahwa aplikasi yang dibuat sudah seperti aplikasi GIS (geographical information system). Akhirnya gue tengahi dengan menyampaikan filosofi diatas ... mudah-mudahan para peserta diklat bisa memahami ruh filosofi tersebut disamping ruh kebersamaan (korsa) yang coba gue tekankan kepada mereka.

No comments: