February 21, 2007

Status Kosovo : Perundingan dan Ketegangan Baru di Kosovo


Babak baru perundingan mengenai status akhir Kosovo di mulai hari ini di Wina. Para pihak yang bertikai difasilitasi oleh UN Special Envoy Martti Ahtisaari sekali lagi akan melakukan perundingan untuk membicarakan hal-hal teknis mengenai status akhir Kosovo. Perundingan kali ini masih tetap dibayang-bayangi kegagalan mengingat posisi dasar para pihak masih tetap sama dan belum ada kompromi diantara kedua belah pihak. Ketegangan dan gelombang kekerasan yang saat ini terjadi di Pristina juga membayangi perundingan ini.

Setelah 10 hari yang lalu terjadi demonstrasi yang merenggut nyawa 2 orang etnis Albania pro penentuan nasib sendiri pimpinan Albin Kurti, Kosovo Liberation Army (KLA) dalam email yang disebarkannya ke media massa menyatakan bertanggung jawab atas peledakan kendaraan UN di Pristina 2 hari yang lalu. Kejadian-kejadian tersebut menandai gelombang kekerasan baru yang mungkin akan terjadi di Kosovo di masa mendatang.

Kosovo Albanian Movement Self-Determination (Vetevendosja) pimpinan Albin Kurti menyatakan akan melakukan demonstrasi kembali pada awal Maret mendatang. Kelompok ini menolak dilakukannya negosiasi dan menginginkan pernyataan kemerdekaan segera dilaksanakan untuk Kosovo.

Dengan kondisi para pihak yang masih tetap bersikukuh dengan posisi masing-masing, bisa dipastikan bahwa serangkaian perundingan yang akan dilakukan di Wina akan menemui kegagalan. Status akhir Kosovo pada akhirnya akan berada di tangan Dewan Keamanan PBB. Di DK PBB sendiri pembahasan mengenai status Kosovo diperkirakan akan berjalan sangat alot mengingat Russia mempunyai pendirian bahwa penentuan status akhir Kosovo harus mendengarkan kepentingan pihak-pihak yang bertikai khususnya Beograd dan proposal Ahtisaari hanya merupakan landasan berpijak untuk perundingan selanjutnya bukan proposal final untuk status akhir Kosovo. Di lain pihak, Amerika dan sekutunya menginginkan penentuan status akhir Kosovo segera dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Martti Ahtisaaari.

Dalam konteks konflik yang terjadi di Kosovo, permainan negara-negara besarlah yang akan menentukan status akhir Kosovo tanpa melihat bahwa yang dirugikan disini adalah penduduk sipil baik itu etnis Serbia maupun etnis Albania. Penyelesaian akhir nantinya hanya akan menguntungkan negara-negara besar saja karena konflik ini sebenarnya merupakan konflik kepentingan antar negara-negara besar.

photo courtesy to FoNet

4 comments:

Anonymous said...

smoga yg dicari adalah kesamaan untuk perdamaian, bukan perbedaan untuk memelihara kebencian.

Pangarso D. Nugroho said...

itu harapan kita semua pak ... perdamaian, tapi fakta dilapangan kebencian seolah-olah sudah berurat berakar disini, utk mencari titik temu saja kemungkinan besar tidak akan pernah terjadi. permasalahan utamanya kalau menurut pendapat pribadi adalah ulah negara-negara besar yg mempunyai kepentingan disini dg memanfaatkan sentimen ras dan agama. ini terjadi ketika usaha memecah belah yugoslavia dilakukan, hasilnya sampai sekarang kebencian antar etnis masih tetap ada ibaratnya bara dlm sekam yang sewaktu-waktu bisa menjadi api yg berkobar. bagi kita masyarakat indonesia, kejadian di yugoslavia bisa menjadi pelajaran yg sangat berharga dan pola-pola yang terjadi di kosovo saya lihat skrg sedang terjadi di aceh - mudah-mudhan pemerintah dan rakyat kita bisa melihat hal ini dan kejadian di kosovo dan yugoslavia tidak terjadi di negar kita tercinta.

Aris Heru Utomo said...

Nampaknya sejauh ini akan sulit dicapai kesepakatan di DK PBB, apalagi DK PBB sendiri masih disibukan dengan situasi keamanan di timur tengah, seperti Irak, Palestina-Israel, Afghanistan dsb.

Pangarso D. Nugroho said...

Betul Mas Aris, kemungkinan besar adalah Kosovo secara unilateral akan memproklamasikan diri. Nah tergantung dari negara-negara lain apakah mau mengakui atau tidak.