February 19, 2007

STMJ vs Kuvano Vino

Beberapa hari ini saya terserang flu berat, minum obat macems sampai antibiotik dari dokter hanya sedikit membantu pilek dan batuk-batuk yang saya alami. Akhirnya kembali ke resep nenek moyang "kerokan" dan minum susu+kopi+madu+jahe (STMJ kalo mau ditambahi telur) - alhamdullillah badan menjadi hangat dan dikit demi sedikit batuk dan pilek mulai hilang. Kalau di Serbia lain lagi resepnya, namanya "Kuvano Vino" - red wine yang dimasak dicampur dengan cengkeh dan gula sedikit. Resep tradisional Serbia ini cukup manjur untuk mengatasi gejala flu dan untuk menghangatkan tubuh ketika musim dingin tiba.

Resep Kuvano Vino :
500 ml red wine
300 ml air
3 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh cengkeh
sedikit kayu manis

wine, air dan semua bahan dimasak di atas api kecil sampai panas, begitu mendidih angkat terus disaring dan sajikan (resep utk 3 gelas). Selamat mencoba rasanya seperti air tape, tapi hangat dibadan - kandungan alkoholnya sudah berkurang karena menguap waktu dimasak.

2 comments:

Anonymous said...

hi dung,
lama tak besuo...
besuo-besuo di kosovo hehehe...
no offense lho dung,
hanya merefleksikan diriku dulu ketika seringnya kesempatan bertemu dengan sejenis Kuvano Vino ini...
gw juga pernah dan sering ditawarin this stuff sampai bosan orang-orang yang nawarin,
but [sorry] that's wine...dan gw udah komitmen baik di dagri maupun di lugri gak akan menyentuh yang satu ini. memang di lugri masalah wine ini memerlukan komitmen seseorang tersendiri. wine di lugri gampang didapat, dimana saja ada, dan bisa dibeli dengan "ringan sekali". dan salah satu yang gw dapet di lugri tentang hal satu ini adalah tidak sedikitnya orang Indonesia yang "berpaling" dari komitmen yang bukannya harus dia ambil dan tepati tapi komitmen kodrati dan pada saat dia "berpaling" banyak sekali alasan yang akan dibentuk di hati mereka. Dan itu adalah salah satu alasan yang kena ke gw...i'm not belong to there...but that's "nafsi-nafsi" dan sekali lagi bukannya offense tetapi hanya refleksi diri gw...kalau cuma mau yang hangat2 sech, loe bisa cek yang satu ini http://www.agenbiofir.web.id

thanks buddy,
loy

Pangarso D. Nugroho said...

ihiks ... tenang om Loy
ane masih komit dg apa yg gue ucapin tiap hari, meski tiap function pasti ketemu sama yg namanya wine ... alhamdulillah gue masih belum tergoda - gue masih lebih seneng sama "pomorandza" alias fresh orange ..he..he... meskipun gue cukup banyak stok anggur dirumah hadiah dr orang tapi kagak pernah buka ...he..he... mungkin pas balik entar ada yg mau ato buat hiasan saja krn botolnya antik-antik ... kalo mau yg lebih hangat om Loy ... bisa latihan tarik nafas .. dijamin deh lebih hangat dan murah tanpa keluar uang yg cukup lumayan ... he..he...
salam