January 22, 2007

Hasil Pemilu Serbia

Seperti sudah diduga sebelumnya, Serb Radical Party (SRS) mendominasi perolehan suara. Dengan perolehan suara sebesar 28,32% SRS berhak untuk menduduki 81 kursi di parlemen, disusul kemudian oleh Democratic Party (DS) - 22,67% (65 kursi), Democratic Party of Serbia (DSS-NS) - 16,38% (47 kursi), G17 plus - 6,79% (19 kursi), Socialist Party (SPS) - 5,64% (16 kursi) dan koalisi LDP-GSS-SDU-LSV 5,33% (15 kursi).

courtesy to http://www.b92.net

Meskipun medominasi parlemen, SRS tidak dapat membentuk pemerintahan baru kecuali bisa menemukan partner yang bisa mendapat suara mayoritas di parlemen. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi pada pemilu sebelumnya. Kemungkinan besar akan terjadi koalisi antara DS, DSS dan G17 untuk dapat membentuk pemerintahan baru, koalisi ini juga "kelihatannya" mendapat dukungan dari negara-negara barat.

DSS akan menjadi faktor yang sangat signifikan dalam proses pembentukan pemerintahan koalisi - posisi yang ditengah antara SRS dan DS menjadikan DSS sebagai salah satu faktor penentu/kunci. Namun demikian, keregangan yang terjadi antara Kostunica (DSS - PM Serbia) dan Boris Tadic (DS - Presiden Serbia) bisa mengakibatkan proses pembentukan pemerintahan koalisi sedikit molor dan tekanan EU + negara-negara barat akan menjadi sangat berarti dalam proses pembentukannya. EU dan negara-negara barat sangat berkepentingan agar pemerintahan dikuasai oleh kelompok demokrat, mengingat kelompok ini lebih condong dan mau diajak "kerjasama" dibandingkan dengan kelompok radikal.


No comments: