September 4, 2007

Serba-serbi Bern, Switzerland (1)


Tak terasa sudah 5 kali saya menginjakan kaki di Bern - ibukota Swiss, terakhir minggu kemarin tgl 28 Agustus 2007. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama perjalanan ke Swiss. Jadi ingat ketika pertama kali datang ke Swiss untuk mengikuti training, inget ketika naik kereta bayarnya kurang - ceritanya saya dan 2 orang teman mengikuti sebuah training di Swiss dan pada hari minggu ingin pergi ke Geneva untuk mengunjungi seorang rekan. Di stasiun Zurich HB kami celingak celinguk nyari loket karcis tapi yang ketemu malah mesin tiket. Karena tidak ada satupun yang bisa berbahasa Jerman maka kita hanya menebak-nebak apa yang ada di mesin tersebut. Ada satu tombol bertanda 1/2 untuk kelas 2, dan harganya pun paling murah diantara bandrol harga yang ada di mesin itu. Akhirnya kita pilihlah tombol tersebut dan keluarlah tiket untuk kereta kelas 2. Di atas kereta kejadian yang bikin merah pipi karena malu pun terjadi, ketika kondektur memeriksa tiket dengan santainya kita mengeluarkan tiket kita - alamak, kondektur menanyakan Swiss Half Price Pass, horotoyoh kita saling pandang memandang kebingungan karena kagak ngerti pass apa yang diminta. Akhirnya sambil senyum-senyum kita tanya ke kondektur dan dijelaskan, ternyata untuk beli tiket 1/2 yang ada di mesin tiket kita harus punya Swiss Half Price Pass yang bentuknya kayak kartu kredit. Akhirnya sang kondektur mengeluarkan peralatan handheld wireless dan pencet sana pencet sini bikin struk kwintasi dan diserahkan ke kita untuk dibayar kekurangan ongkos kita. Untung kata temen yang ada di Geneva, biasanya kondektur langsung mengeluarkan struk denda.


Memang di Swiss semuanya sudah serba teratur, jadwal kereta pun bisa pas sampai ke menit-menitnya dan yang jelas kita tidak akan bingung untuk mencari connection di tiap stasiun cukup berbekal buku timetable sama lihat layar untuk cek gatenya. Saya akan coba berbagi pengalaman perjalanan saya ke Bern, Swiss. Saya datang ke Swiss menggunakan SwissAir dan turun di Zurich Flughafen. Begitu keluar dari imigrasi kita ambil barang kita dan cari loket penjualan tiket kereta api SBB CFF FFS yang berada di lantai dasar (petunjuk sangat jelas terpasang di setiap sudut bandara Zurich). Di loket, saya memesan tiket jurusan Bern bolak balik alias PP seharga CHF 98 untuk kelas 2. Apabila kita akan kembali ke negara asal melalui Zurich Flughafen lebih baik beli tiket PP yang berlaku selama 2 minggu atau 1 bulan... ihiks jadi kalo kita bangun kesiangan bisa langsung tancap nyari gate kereta di stasiun keberangkatan tidak bingung harus antri beli tiket dulu. Jangan lupa untuk mengambil buku saku timetable kereta yang ada di loket penjualan. Tiket kereta api yang diberikan oleh kasir tertera Zurich Flughafen - Bern via Zurich, Olten - berarti tiket ini berlaku untuk kereta jurusan Bern melalui Zurich HB (main station) dan Olten. Stasiun kereta api Zurich Flughafen ada di lantai bawah tanah bandara Zurich.

Akomodasi di Bern cukup variatif, hotel dengan range harga untuk single bed mulai dari CHF 110 - 450 dan untuk double bed mulai dari CHF 150 - 560 atau bisa juga cari youth hostel atau tempat backpacker biasanya lebih murah. Untuk makanan tergantung dari tempat makannya, kalau Mc Donald sekitar CHF 10 - 15, nasi goreng CHF 35, makanan Cina mulai CHF 15 - 30 tapi yang di banhoff (stasiun kereta) kalau di restoran tentunya kocek akan terkuras secara drastis ... :D . Untuk akomodasi kota Bern juga sering menawarkan paket-paket murah untuk menarik wisatawan semisal 3 malam menginap hanya bayar 2 malam (http://www.berninfo.com) . Untuk tiket kereta, tram atau bus dan tiket masuk museum juga bisa menggunakan pass 1/2 harga atau pass lainnya yang intinya jauh lebih murah ketimbang kalau beli harga normal.(cek disini http://www.myswissapls.com)

bersambung ...

4 comments:

Anonymous said...

Pak, untuk beli tiket SwishAir di mana ya? Rencana bulan maret tahun depan saya liburan ke sana, tp bingung beli tiket pesawat apa yang murah :(. Mohon infonya dong, rute penerbangannya, transit ke mana saja.

Thanks

Nyoman [D]

Pangarso D. Nugroho said...

Pak Nyoman, kalau dari Jakarta biasanya travel agent bisa mencarikan tiket yg paling murah. Kalau Swiss Air, dari Jakarta terbang ke Singapura bisa naik apa saja - kemudian ganti SwissAir di Changi, transit di Bangkok langsung ke Zurich.

Anonymous said...

Pak, saya mau nanya. Untuk urus visa ke sana susah ga ?? Dan syarat-syaratnya apa saja ?? saya ingin ke sana dengan suami saya desember ini. Suami saya warga negara Amerika dan kerja di Malaysia. Saya sendiri di Indonesia.

Terima kasih.

Pangarso D. Nugroho said...

setahu saya utk visa ke Swiss tidak masalah gampang-gampang saja. Yang penting persyaratan yang diminta dipenuhi.