September 5, 2007

Serba-serbi Bern, Switzerland (2)

Saya tiba di Bern kurang lebih pukul 18.30, sambil menunggu teman yang menjemput - saya mencoba melihat-lihat situasi di banhoff, suasananya masih sama seperti tahun sebelumnya cuman agak berbeda karena sedang banyak perbaikan disana sini. Begitu teman yang menjemput datang, kami kemudian sepakat untuk mencari makan malam di sekitar stasiun. Warung makanan Cina menjadi pilihan kami, kita memesan satu piring bebek goreng dan nasi plus nestea seharga CHF 19.98. Kalau ditanya bagaimana rasanya, ya standar masakan yang ada di stasiun - yang penting perut terisi daripada masuk angin mengingat cuaca yang lumayan dingin di luar.

Keesokan harinya sambil menunggu urusan dinas selesai, saya coba berkeliling di sekitar centrum Bern untuk melihat-lihat. Pertama-tama saya menuju ke arah kota tua tepatnya menuju Bern Tourism Center untuk mengambil brosur dan peta kota Bern. Dari brosur City Tours Excursions terlihat beberapa tempat yang cukup menarik, sebagian telah saya kunjungi seperti Interlaken, Jungfraujoch, dan Grindelwald. Akhirnya saya memutuskan untuk mengexplore kota Bern saja, hasilnya bisa terlihat dari beberapa foto berikut :

Salah satu cara paling nyaman untuk mengexplore kota Bern adalah dengan menggunakan tram kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki. Tram ini dibagi beberapa zona, akan tetapi tiketnya berlaku jam-jaman, untuk tiket selama satu jam harganya CHF 3,60 dan untuk jarak dekat lebih baik beli tiket 1/2 jam seharga CHF 1,90. Tiket ini berlaku baik untuk tram maupun bus selama jamnya masih berlaku. Coba bandingkan dengan moda tranportasi yang ada di Jakarta - mungkin yang paling mendekati adalah busway bedanya mungkin kalo busway penuh sesak tram disini tidak sampai penuh sesak karena tiap 5 menit pasti datang tram berikutnya ... :D

Hampir lupa saya, bagi penggemar sepatu jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Bally Outlet yang ada di Schonenwerd, Aarau. Outlet tersebut bisa di capai dari Bern dengan menggunakan kereta api, beli tiket Jurusan Bern - Schonenwerd SO via Olten seharga CHF 56. Cari kereta api jurusan manapun yang lewat Olten, kita turun di Olten kemudian sambung dengan kereta regional jurusan Schonenwerd - dari Olten kita melewati dua stasiun Dulliken, Dainiken terus kita turun di Schonenwerd SO. Begitu kita keluar dari Stasiun terlihat Fashion Fish Outlet, dari outlet ini kita belok kanan kira-kira 25 m akan terlihat Bally Factory Outlet. Harga yang ditawarkan cukup lumayan murah dibanding di Outlet Bally, apalagi kalau bulan Juli ketika musim sale tiba - anda bisa mendapatkan sepatu Bally dengan harga CHF 30 tapi di luar musim sale harga berkisar antara CHF 150 - 500.

Satu hal lagi, kalau ingin mencari souvenir saya sarankan untuk beli di supermarket seperti Coop dan Loeb karena harganya jauh lebih murah ketimbang kalau beli di toko khusus souvenir baik yang di centrum atau di stasiun apalagi di bandara.

Hmm ... apalagi ya ... oh iya ... saya lupa bawa tripod jadi foto-foto Bern di waktu malam blurr semua .... :(

Anonymous said...

Wah mlaku2 nang Bern, ora mampir nang Brussel?

Pangarso D. Nugroho said...

he..he.. wah kalo ke Brussel kayaknya boleh juga nih diacarakan.

Sugianto said...

foto malam hari di bern nya keren. saya gak pernah moto malam hari hik...

btw saya masih bingung gunain mesin tiket. bulan lalu malah nyasar entah kemana, akhirnya ya balik lagi pake bis yg sama ke terminal he he he he he.

Pangarso D. Nugroho said...

wah ... lupa moto mesin tiketnya nih ... kapans gue foto ah ... biar lebih lengkap petunjuknya.

Iman Brotoseno said...

wah..terakhir duapuluh tahun lalu saya ke Bern...

Pangarso D. Nugroho said...

wah udah banyak perubahan mas selama 10 tahun terakhir ini, waktu kemarin kesana sebagian banhoff dan sepanjang jalan tram di centrum sedang dibongkar habis

Anonymous said...

ntar gw foto-in mesin tiketnya..

biar gak bingung beli aja tuch tiket yg 11 chf.. bisa berlaku 12 jam ... hahhahah masih lebih murah dari taxy jakarta ..

oke mas kapan2 di explore bareng dech... kalo msh ada waktu yach.. :)