December 26, 2006

Masalah Parkir di Jakarta

Ribut-ribut masalah parkir di Jakarta, coba lihat praktek yang terjadi di Beograd, Republik Serbia yang baru bangun dari hantaman embargo selama 10 tahun. Parkir di sini cukup efektif dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, parkir dipinggir jalan di bagi dalam 3 zona - I (1 jam), II (2 jam) dan III (3 jam) yang unik disini adalah pemanfaatan SMS untuk membayar parkir tersebut. Jadi pengendara tinggal mengirimkan sms nomor mobilnya ke nomor tertentu sesuai zona parkir, kemudian kita akan menerima notifikasi bahwa kita parkir di zona sekian dari jam sekian dan ketika jam parkir akan habis kita juga akan diberitahu bahwa waktunya akan habis. Bayaran parkir di debet dari jumlah pulsa kita atau masuk ke tagihan telepon kita.

Petugas parkir tinggal berkeliling untuk mengecek mobil-mobil yang parkir melalui peralatan wireless handheld. Apabila ada mobil yang tidak mengirimkan sms tanda parkir atau tidak menempelkan kartu parkir, petugas tinggal menuliskan kartu denda yang akan ditaruh di kaca mobil. Pembayaran denda dilakukan melalui kantor pos atau bank. Apabila mobil diparkir di tempat terlarang, otomatis akan diderek oleh petugas. Dijamin dengan model ini duit parkir tidak akan bocor dan lebih akuntable.

2 comments:

Eni Diponegoro said...

Sekali-kali ikut beri komentar ya pak Dadung... ;)

Sebagai info tambahan re penanggulangan masalah parkir di kota Beograd, perlu juga diketahui bahwa sebuah tim khusus dari Yunani datang ke Beograd menjelang Olympic Games.Mereka mempelajari sistim parkir ini dan menerapkannya selama berlangsungnya Olympic Games untuk mencegah kekecauan lalu lintas khususnya parkir selama Games berlangsung. Hebat ya ?
Sangking bangganya orang Serbia, ampe pada media setempat terus menerus menulis bhw negara maju dan besar bak Yunani yg sdh menjadi anggota UE harus mencontek dari negara yang masih transisi gini...;))

P.S.
Kalo lupa sms bayar parkir, perlu diketahui bahwa si tukang parkir langsung tempelkan kwitansi denda di kaca mobil dan perlu dibayar di pos atau per bank. Di kwitansi tsb sudah tercantum nomor plat mobil dan waktunya. Lemayan loh... pelanggaran paling ringan alias termurah...$ 20.

Dovidjenja !

Pangarso D. Nugroho said...

Makasih En ... udah mampir ...
ini postingan gue yang kedua re masalah parkir, sebetulnya udah pernah posting ketika pertama kali blog ini gue bikin ... gue tulis lagi abisnya gemes baca detik.com di Jakarta lagi ributs masalah parkir.