July 2, 2006

Hmm... lebih baik menggunakan OSS


Tentunya bagi para pengguna Microsoft Windows XP bajakan familiar dengan peringatan diatas. So daripada menggunakan produk bajakan, alangkah lebih baik kalo kita menggunakan produk asli - kalo terlalu mahal buat kita, kenapa tidak beralih ke produk Open Source Software.

Linux adalah salah satu alternatif pilihan sistem operasi yang sangat handal dan bisa mendukung kebutuhan sehari-hari kita. Banyak distribusi Linux mulai dari RedHat, Debian, Slackware, Knoppix... dan masih banyak lagi..... terserah kepada selera kita utk memilih, distro favorit saya adalah Ubuntu Linux . (sudah ada situs Ubuntu Indonesia, bisa ditengok di http://www.ubuntu-id.org.

Untuk keperluan instalasi desktop cukup dilakukan dengan satu CD saja. Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, didalamnya terdapat semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi spreadsheet sampai aplikasi untuk akses internet, perangkat lunak untuk web server , tools dan bahasa pemrograman dan tentu saja beberapa games.

Kembali ke atas, Ubuntu hanya merupakan salah satu pilihan distro Linux... silahkan pilih yang cocok dan sesuai dengan selera anda.

1 comment:

Anonymous said...

oss memang ada bagusnya, tapi lain lagi masalahnya kalo kita pertimbangkan support buat driver. kalo niat pakai oss, terutama utk operating system sepertinya harus survei dulu sebelum beli hardwarenya, apalagi kalo nantinya PC akan sering digunaan utk keperluan multimedia.